Halaman

Senin, 26 Oktober 2020

                            RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA

 

 


Judul Modul              : Harapan dan Tantangan Pendidikan Karakter di Masa Milenial

Nama Peserta            :  SARIFUDDIN, S.Pd_CGP_POLEWALI  MANDAR

 Latar Belakang          :

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional menyebutkan, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,mandiri,demokratis, bertanggungjawab.Pendidikan karakter merupakan pondasi dari sistem pendidikan nasional.Karena itu perlu kiranya tujuan utama pendidikan ini menjadi renungan bersama, terutama bagi para tenaga pendidik atau guru dan orang tua. Dalam modul ini akan dibahas Harapan dan tantangan pendidikan karakter di masa Milenial.


Tujuan :

1.      Mencetak peserta didik yang berprofil Pancasila ; Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklah mulia, kebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri.

2.      Membentuk manusia yang tangguh, kompetitif,bermoral, bertoleran,berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

 


Linimasa tindakan yang akan dilakukan :

A.       Pembiasaan

1.      Jadikan diri sebagai contoh,

2.      Jadilah guru yang tidak hanya sekedar mementingkan nilai akademis, tetapi juga mengapresiasi usaha murid,

3.      Mengajarkan nilai moral pada pelajaran,

4.      Jujur pada diri sendiri dan terbuka pada kesalahan,

5.      Mengajarkan sopan santun,

6.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar memimpin,

7.      Berbagi pengalaman sebagai cerita inspiratif.

B.       Tindakan

1.      Membentuk kelompok Rohis atau pengajian

2.      Membentuk kelompok Adiwiyata/kebersihan untuk siswa

3.      Membentuk kelompok belajar

4.      Membentuk sanggar seni

5.      Membentuk club-club olah raga

6.      Mengaktifkan organisasi sekolah, OSIS, PMR. Pramuka,

7.      Membentuk Koperasi siswa

8.      Membuat kotak amal kemanusiaan

9.      Membentuk kelompok Pencinta Alam

 



Tolok Ukur :

1.      Siswa mampu menerapkan Profil Pancasila ; Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklah mulia, kebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri.

2.      Terciptanya suasana pembiasaan karakter kepada seluruh warga sekolah

3.      Sekolah menjadi nyaman dan bahagia

 


Dukungan yang dibutuhkan :

Dukungan Kepala Sekolah dan Komite, guru dan staf

Bahan yang dibutuhkan :

1.    Surat Keputusan Kepala Sekolah

2.    Program kerja setiap unit

Alat atau tenaga yang dibutuhkan :

1.    Staf untuk adminitrasi

2.    Laptop

 

  

                 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.3.a.4.2 EKSPLORAS KONSEP-FORUM DISKUSI KASUS 1

  3.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Kasus 1 Pada awal tahun 2020, sebuah sekolah di Jogjakarta melakukan kegiatan pramuka yang ...